Menurut Penilitian ada 12 Manfaat Kecap untuk Kesehatan | Dorce Blog



https://kecapasinshoujuhalal.blogspot.com/
Kecap untuk Kesehatan

Menurut Penilitian ada 12 Manfaat Kecap untuk Kesehatan 

Kecap Asin dan Manis adalah Bumbu Penyedap Makanan yang Sangat Populer di Masyarakat di Gunakan dalam Berbagai Masakan, Termasuk Masakan Indonesia. 

Menurut Sejarah, Kecap Asin dan Manis Telah ada Menurut catatan sejarah kecap asin merupakan salah satu komoditi perdagangan kompeni Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie/VOC) pada tahun 1737.

Pada masa itu VOC terlihat membawa 75 tong besar berisikan kecap asin yang berasal dari Dejima, Jepang dan dibawa ke Batavia Jenis kecap sendiri cukup beragam, mulai dari kecap asin hingga kecap manis. Selain menambah Gurih dan Sedap Pada Masakan, kecap juga memiliki berbagai manfaat Lo.. bagi kesehatan pada tubuh. menurut penilitian Inilah beberapa manfaat kecap untuk kesehatan. Mari Kita Baca Bersama.

1. Dapat meningkatkan pencernaan Kecap dapat meningkatkan pencernaan karena sifat probiotik yang dimiliki mikroorganisme yang digunakan dalam proses fermentasi. Polifenol dalam kecap dapat membantu proses mencerna makanan. Penelitian terhadap kecap Jepang atau shoyu menemukan bahwa asupan satu cangkir kecap tersebut dapat meningkatkan sekresi cairan lambung dan meningkatkan kualitas pencernaan, mengutip

2. Memiliki sifat antialergi Studi menunjukkan bahwa kecap memiliki sifat antialergi yang dapat membantu mengobati alergi yang disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Kemudian, pada studi garis sel yang dilakukan terhadap shoyu, ditemukan bahwa polisakarida shoyu yang diproduksi selama proses fermentasinya mengandung kemampuan antialergi yang cukup kuat. Selanjutnya, penelitian terhadap manusia juga menunjukkan bahwa orang dengan alergi yang mengonsumsi kecap mengalami perbaikan kondisi daripada mereka yang diberikan plasebo, dilansir Livestrong.

3. Dapat menurunkan kolesterol Asupan sekitar 25 gram protein kedelai setiap harinya dikatakan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Peptida bioaktif dalam kedelai juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Akan tetapi, penelitian terhadap manusia diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

4. Dapat mengurangi tekanan darah Dalam kecap yang dibuat secara alami, terdapat kandungan nikotinamin, yakni komponen penghambat enzim pengubah angiotensinogen-I, yang merupakan kunci untuk meningkatkan tonus pembuluh darah.

5. Mungkin memiliki efek antitumor dan antikanker Kecap juga mungkin memiliki efek antitumor dan bisa memberi perlindungan dari beberapa kanker, seperti kanker prostat, payudara, dan endometrium pada penggunaan jangka panjang. Pada banyak penelitian, ditemukan bahwa konsumsi kecap juga dapat mengurangi pertumbuhan tumor pada tikus, dikutip News Medical Life Sciences

6. Sumber natrium yang baik Natrium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh untuk berbagai fungsi seperti transmisi saraf dan mengatur tekanan darah. Pada umumnya, orang dewasa yang sehat memiliki batas atas sebesar 2.300 miligram (mg) natrium setiap harinya. Sementara itu, dalam satu sendok teh kecap asin jenis tamari, terkandung sekitar 335 mg sodium, dilansir Livestrong. Kemudian, kecap juga memiliki kandungan natrium yang lebih sedikit dibandingkan dengan garam. Jadi, menggunakan kecap sebagai pengganti garam bisa membantu mengurangi asupan natrium harian tanpa mengurangi rasanya.

7. Memiliki sifat antioksidan Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa kecap mengandung antioksidan alami yang cukup banyak. Karenanya, kecap memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang diproduksi oleh tubuh. Radikal bebas sendiri dapat mempercepat proses penuaan, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan penyakit kanker.

8. Memiliki aktivitas antiinflamasi Pada beberapa penelitian terhadap tikus, kecap ditemukan dapat menghambat pemendekan dan penebalan dinding usus besar dalam kondisi peradangan usus. Aktivitas isoflavon dalam kecap disebut dapat memengaruhi penurunan sitokin proinflamasi. Kecap juga mengandung berbagai senyawa bioaktif seperti asam fitat, isoflavon, protease inhibitor yang memiliki efek antikolitik. Kecap mengandung natrium yang cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan efek samping yang buruk bila dikonsumsi secara berlebihan. Namun, konsumsi yang cukup dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Bila kamu punya alergi terhadap kedelai, kamu mungkin harus mengurangi konsumsi kecap yang terbuat dari kedelai.

9. Membantu Menyembuhkan Darah Rendah Membantu menyembuhkan penyakit darah rendah merupakan salah satu manfaat kecap. Hal ini disebabkan karena kandungan berbagai vitamin yang sangat tinggi pada kecap manis, seperti vitamin A, C, B, K. Selain itu, juga terdapat kandungan zat besi, zink, kalium, magnesium, fosfor dan sebagainya yang dapat menstabilkan tekanan darah.

10. Dapat Mengobati Gejala Batuk Tidak hanya itu, ternyata kecap juga sangat ampuh untuk mengatasi gangguan penyakit batuk. Manfaat kecap untuk batuk ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah sehingga sangat baik untuk dicoba. Cara membuat ramuan herbal dari kecap untuk mengatasi batuk adalah dengan cara campur jeruk nipis bersama dengan kecapnya secara rutin. Ini akan dapat meringankan gejala tersebut.

11. Membantu Melembabkan Kulit Manfaat kecap manis untuk kecantikan yang selanjutnya adalah dapat melembabkan kulit. Sehingga, kulit-kulit yang kering akan dapat diatasi dengan menggunakan bahan ini. Kedelai memang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas kulit. Sehingga, bintik hitam, garis halus pada kulit dan sebagainya akan hilang.

12. Dapat Dijadikan Campuran Makanan untuk Diet Di samping itu, kecap ternyata juga bisa dijadikan campuran makanan yang aman untuk diet. Namun, pastikan masakan yang Anda buat tidak terlalu banyak gula. Karena kecap sudah memiliki rasa manis yang sangat baik untuk menjaga berat kestabilan berat badan. Belum lagi kandungan-kandungan lainnya yang terdapat di dalamnya. Selain beberapa manfaat di atas, ada juga manfaat kecap manis untuk ibu hamil dan sebagainya. Pada intinya, kecap memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk meningkatkan kesehatan. Sehingga, sangat aman untuk dicampurkan kepada makanan. Namun, hal penting yang wajib diperhatikan adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi kecap karena justru ini tidak baik bagi kesehatan., Menurut Penilitian ada 12 Manfaat Kecap untuk Kesehatan